Google Manfaat & Khasiat Madu Bagi Kesehatan / Waliangers

.


Manfaat & Khasiat Madu Bagi Kesehatan



Manfaat dan Khasiat Madu Bagi Kesehatan. Madu merupakan cairan berwarna emas yang cukup kental, yang diproduksi oleh lebah madu dengan rasa manis yang khas. Proses pembuatan madu dimulai ketika lebah mengumpulkan nektar bunga di mulut mereka. Nektar ini kemudian bercampur dengan enzim khusus di air liur lebah, proses kimia ini kemudian mengubahnya menjadi madu. Lebah madu menyimpannya saripati bunga yang sudah diolah dalam tubuhnya ke dalam sarangnya yang berbentuk heksagonal.

Di belahan dunia ini ada berbagai macam jenis madu dengan rasa khas yang juga berbeda tentunya. Hal ini membuat para peneliti tertarik untuk mempelajari berbagai hal tentang madu. Berikut ini adalah fakta singkat dan juga beberapa manfaat madu.

Kandungan Madu Per 100 gram

    Energi 1.272 kJ (304 kcal)
    Karbohidrat 82.4 g
    Lemak 0 g
    Protein 0.3 g
    Air 17.10 g
    Riboflavin (Vit. B2) 0.038 mg (3%)
    Niacin (Vit. B3) 0.121 mg (1%)
    Pantothenic acid (B5) 0.068 mg (1%)
    Vitamin B6 0.024 mg (2%)
    Folate (Vit. B9) 2 µg (1%)
    Vitamin C 0.5 mg (1%)
    Calcium 6 mg (1%)
    Iron 0.42 mg (3%)
    Magnesium 2 mg (1%)
    Phosphorus 4 mg (1%)
    Potassium 52 mg (1%)
    Sodium 4 mg (0%)
    Zinc 0.22 mg (2%)


Manfaat Dan Khasiat Madu Bagi Kesehatan

Pilek
Pilek ringan dan berat dapat disembuhkan dengan 1 sendok makan madu suam-suam kuku dan ¼ sendok teh bubuk kayu manis setiap hari selama 3 hari. Ramuan ini dapat menyembuhkan hampir semua batuk dan pilek kronis serta membersihkan sinus.

Infeksi Kandung Kemih
Campurkan 2 sendok makan bubuk kayumanis dan 1 sendok teh madu ke dalam segelas air suam-suam kuku. Setelah itu diminum. Ramuan ini membunuh kuman-kuman dalam kandung kemih

Meningkatkan Energi
Madu dapat digunakan untuk menambah energi. Banyak atlet mengonsumsi madu untuk meningkatkan stamina tubuh mereka.
Sebagai penambah energi alami, madu dapat menurunkan berat badan. Madu menjadi sumber karbohidrat yang baik untuk membantu mendapatkan energi.
Madu juga merupakan sumber yang bagus untuk zat besi, kalium, dan kalsium yang berkhasiat menguatkan tulang dan otot.

Meningkatkan Kesehatan Kulit.
Madu mengandung sekitar 0,22 mg vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit. Madu dapat memberikan efek anti penuaan pada kulit. Madu juga dapat mengurangi keriput serta membuat kulit menjadi halus dan lembut.
Madu bisa pula digunakan sebagai obat alami untuk jerawat. Banyak yang menggunakan madu sebagai bahan utama untuk membuat masker wajah karena efek anti penuaan yang dimiliki madu.

Kerontokan Rambut
Orang yang mengalami kerontokan rambut atau kebotakan dapat memakai campuran minyak zaitun panas, 1 sendok makan madu dan 1 sendok teh bubuk kayu manis sebelum mandi. Oleskan di kepala dan diamkan selama kira-kira 15 menit setelah itu baru dibasuh. Penelitian itu juga membuktikan ramuan yang didiamkan dikepala selama 5 menit pun tetap efektif.

Sakit Gigi
Buat campuran 1 sendok teh bubuk kayu manis dan 5 sendok teh madu.

Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat
Madu menjadi salah satu sumber antioksidan yang baik untuk tubuh. Antioksidan penting untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.
Madu tidak mengandung lemak jenuh sehingga tidak menambah kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Menurut sebuah penelitian, satu sendok makan madu setiap hari dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh

Kolesterol
Kadar kolesterol darah dapat diturunkan dengan 2 sendok makan madu dan 3 sendok teh bubuk kayu manis yang dicampur dalam 16 ounce (16 kali 28 gram kira kira 1 pon = 454 gram) air teh. Ramuan ini dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah sampai 10 persen dalam 2 jam. Madu murni yang diminum sehari-hari meringankan gangguan kolesterol.

Manfaat Lainnya Bagi Kesehatan
Madu merupakan salah satu alternatif sumber energi dengan menyediakan sekitar 64 kalori per sendok makan. Madu juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memiliki sifat antibakteri alami. Jika dikombinasikan dengan diet dan gaya hidup sehat, madu akan menjadi pilihan untuk membantu proses penurunan berat badan Anda. Madu merupakan salah satu antioksidan karena mengandung nutraceuticals, yang efektif dalam menghilangkan radikal bebas dari tubuh kita. Akibatnya, kekebalan tubuh meningkat.

Konsumsilah madu dan dapatkan semua manfaatnya bagi latihan Anda juga kesehatan Anda secara keseluruhan.



Artikel Lainnya :


Description: Manfaat & Khasiat Madu Bagi Kesehatan

Rating: 4.5

Reviewer: Ngurah Suryatmaja

Item Reviewed: Manfaat & Khasiat Madu Bagi Kesehatan

Photobucket


Waliangers. Powered by Blogger.

Blog Archive