Google Manfaat & Khasiat Daun Sirih Bagi Kesehatan / Waliangers

.


Manfaat & Khasiat Daun Sirih Bagi Kesehatan


Kegunaan Daun Sirih - Sirih adalah tanaman yang merambat pada batang lain untuk tumbuh, dan merupakan tanaman asli Indonesia. Sirih atau dalam nama latin Piper betle, tanaman ini tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain bisa mencapai tinggi 15 m. Daun Sirih Panjangnya sekitar 5 – 8 cm dan lebar 2 – 5 cm menyerupai bentuk jantung atau hati berwarna hijau cerah, biasanya mengeluarkan bau yang sedap jika diremas daunya, batang nya berwarna coklat kehijauan.

Daun sirih ini kaya akan kandungan minyak atsiri dan beberapa kandungan lain yang mempunyai khasiat masing-masing untuk kesehatan. Kandungan daun sirih juga bisa dijadikan sebagai bahan antioksidan dan fungisida. Berikut merupakan beberapa kandungan lengkap dari daun sirih seperti Minyak atsiri, Minyak Terbang(betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula, zat samak dan kaviko yang memiliki daya tahan terhadap bakteri dan kuman.

Berikut Fungsi Daun Sirih dan Cara Pengobatannya :

Obat sakit jantung
Ambil beberapa daun sirih kurang lebihnya 3-5 lembar, Potong kecil-kecil  danrebus dengan air sebanyak 4 gelas hingga menjadi 2 gelias. Kemudian saring dan minum dua kali sehari.

Pembengkakan gusi
Ambil 5-6 lembar daun sirih. Rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih. Angkat dan saring, tambahkan garam. Selanjutnya gunakan untuk berkumur tiga kali sehari.

Mengobati mimisan
Ambil satu lembar daun sirih, kemudian gulung setelah itu masukkan ke hidung untuk menyumbat aliran darah yang keluar.

Mengobati Alergi gatal gatal
Bahan: 6 lembar daun sirih, 1 potong jahe kuning, 1,5 sendok teh minyak kayu putih.
Caranya, semua bahan tanah bersama-sama sampai halus, kemudian digosokkan pada bagian tubuh yang gatal.

Mengobati diare
Ambil 4 sampai 6 lembar daun sirih, dan 6 biji merica, 1 sendok makan minyak kelapa.Tumbuk semua bahan tersebut bersama-sama sampai halus, lalu gosokkan pada perut.

Pendarahan gusi
Untuk menghentikan pendarahan gusi, Anda dapat mengambil 10 lembar daun sirih. Setelah dicuci, direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih. Angkat dan disaring gunakan untuk berkumur.

Hilangkan bau mulut
Ramuan ini juga dapat mengobati bau mulut disebabkan oleh kerusakan gigi dan bakteri mulut yaitu dengan cara di kunyah. Carnya daun sirih dicuci lalu kunyah dan biarkan beberapa menit dalam mulut, kemudian buang. Lakukan ini 2-3 kali sehari.  Cara kedua yaitu dengan cara berkumur. Rebus 5-6 daun sirih dengan 2 gelas air mendidih.  Dinginkan dan saring, gunakan untuk berkumur-kumur setiap pagi dan sore.

Menghilangkan bau badan
Ambil 2-3 lembar daun sirih direndam dalam air panas 1/2 gelas. Tambahkan satu sendok teh gula putih. Biarkan sampai air hangat. Kemudian Minum.

Bronkitis
Ambil 7 lembar daun sirih dan 1 potong gula batu.
Caranya, daun sirih, dicincang halus, kemudian direbus bersama gula batu dengan air 2 gelas sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Air rebusan diminum 3 kali sehari, masing-masing dengan 3 sendok makan.

Radang Tenggorokan
Rendam 3 lembar daun sirih pada segelas air panas. Setelah airnya dingin gunakan air tersebut untuk berkumur dengan kepala menengadah ke atas dan rasakan air nya sampai ke pangkal tenggorokan. Lakukan 3 kali sehari.

Untuk pemakaian bagian luar kulit, manfaat daun sirih juga mengobati penyakit diantaranya  eksim, luka bakar, koreng, kurap kaki, bisul dan menghilangkan gatal.  Dan kini Tidak heran bahkan sudah banyak orang membudidayakan tanaman daun sirih ini, atau sekedar ditanam dalam pot disekitar rumah sebagai tanaman obat yang begitu banyak manfaatnya bagi kita semua.

Baca juga :
Manfaat Madu bagi Kesehatan
Manfaat Jeruk Nipis bagi Kesehatan
Manfaat Susu Kacang Kedelai
Manfaat Buah Naga
Manfaat Buah Pisang
Manfaat Musik Klasik
Manfaat Buah Sukun



Artikel Lainnya :


Description: Manfaat & Khasiat Daun Sirih Bagi Kesehatan

Rating: 4.5

Reviewer: Unknown

Item Reviewed: Manfaat & Khasiat Daun Sirih Bagi Kesehatan

Photobucket


Waliangers. Powered by Blogger.

Blog Archive