Google Desa vs Kota, Mana Yang Lebih Baik? / Waliangers

.


Desa vs Kota, Mana Yang Lebih Baik?


Sekarang ini, banyak orang yang pergi ke kota untuk bekerja. Mereka meninggalkan desa, berharap mendapat pekerjaaan dan kehidupan yang lebih baik. Kota dianggap sebagai tempat yang bisa menyediakan hidup yang lebih dinamis, berbagai macam hiburan yang lebih lengkap, serta keadaan yang lebih menyenangkan. Kota pun menjadi penuh sesak, persaingan untuk memperoleh pekerjaan semakin meningkat dan kompleks. Di lain pihak, desa menjadi kehilangan tenaga kerja, banyak lahan yang mulai ditinggalkan, cara bertani yang diwariskan secara turun temurun semakin kehilangan peminatnya.

Benarkah kehidupan kota merupakan hal yang kita cari-cari? Sebenarnya di manakah tempat yang bisa membuat kita bahagia?

Dari dulu orang memang mencari-cari sumber kebahagian. Ada yang berpandangan, pindah ke suatu tempat memungkinkan ia bisa meraih kebahagiaan yang Ia cari-cari. Sebenarnya, itu mungkin bukan jawaban yang tepat. Ada orang, ketika tinggal di desa, merasa menemukan kedamaian dan kebebasan yang tidak bisa ia dapatkan di tempat lain. Kehidupan yang tenang menjadi sesuatu yang tak ternilai. Ada orang juga yang merasa tinggal di kota benar-benar bisa membuatnya bersemangat, bisa memenuhi apa yang Ia cari-cari.

Mungkin menurut saya, yang benar-benar menentukan adalah suasana hatinya. Saat seseorang merasakan ketenangan dan kedamaian di dalam hati, Ia menemukan suasana kota yang hiruk pikuk menjadi setenang didesa. Segala kehidupan yang rumit dihadapi dengan hati yang lega. Sebaliknya, saat di desa Ia merasakan semua kesederhanaan tidak mengurangi kepuasan hatinya. Ketenangan dan kedamaian selalu terasa.
Jadi, tempat yang kita cari-cari mungkin tidak jauh dari kita. Jika hati tenang dan damai, di manapun kita berada, secangkir teh bisa membuat kita bahagia.


--
id.widnyana
widnyana@fastmail.fm



Artikel Lainnya :


Description: Desa vs Kota, Mana Yang Lebih Baik?

Rating: 4.5

Reviewer: Ngurah Suryatmaja

Item Reviewed: Desa vs Kota, Mana Yang Lebih Baik?

Photobucket


Waliangers. Powered by Blogger.